Hari Minggu sore, saya menghabiskan waktu di rumah untuk santai. Rhesa sedang istirahat di kamar karena demam akibat radang tenggorokan. Komplek rumah sedang lumayan sepi. Langit Pamulang mendung namun hujan masih ragu-ragu untuk datang. Saya haid hari pertama. Pas lah suasananya untuk menggali sisi melankolis saya yang jarang-jarang hadir belakangan ini. Kemudian Guswib, yang menginap beberapa hari di rumah, mengajak saya untuk membuat beberapa video. Ada video-video sepanjang 15 detik, ada pula yang satu lagu utuh.

Cukup lama juga saya tidak merekam permainan gitar dan vokal saya sendiri tanpa ditemani Rhesa. Rasanya canggung. Biasanya saya hanya nyanyi-nyanyi sendiri di rumah tanpa ada yang serius merekam. “Terserah Mba mau nyanyi apa saja bebas. Aku tinggal rekam saja.”, kata Guswib. Saya berpikir keras. Mengingat-ingat lagu apa yang (dulu) saya mainkan sendiri.

Terus terang, besar sekali perbedaan bermain sendiri dengan ditemani Rhesa. Merasa ada yang hilang. Aneh. Tapi sekaligus merasa ‘suka-suka’, oh, Mr. Perfectionist tidak ada di sebelah saya untuk mengkritik setiap permainan saya. Hahaha! Terlepas baik atau buruknya permainan saya, akhirnya saya dan Guswib merekam dua lagu original dan satu lagu cover. Lagu cover song yang saya pilih adalah Fields Of Gold (Sting), dengan sedikit meniru versi Eva Cassidy.

Sedikit emosional ketika merekam lagu itu, bahkan sempat diulang beberapa kali karena saya menahan haru. Saya ingat sekali, sekitar pertengahan tahun ’90-an Mama saya (alm.) suka dengan Sting. Ada masa dimana saya diminta hampir setiap hari menyanyikan lagu tersebut di depan beliau. Kemudian excitement kami bertambah ketika kami mengetahui lagu tersebut dibawakan oleh Eva Cassidy di album Live at Blues Alley dan patah hati ketika kemudian mengetahui penyanyi bersuara emas tersebut meninggal di tahun ’96 karena kanker. Kemudian tahun 2004, Mama saya juga meninggal dunia. Kanker juga. Saya rasa, beliau sekarang sedang menikmati konser-konser terbaik di surga sana.

Fields Of Gold (Sting)

You’ll remember me when the west wind moves
among the fields of barley
You can tell the sun in his jealous sky,
when we walked in fields of gold

So she took her love,
for to gaze awhile,
among the fields of barley
In his arms she fell as her hair came down
among the fields of gold

Will you stay with me?
Will you be my love
Among the fields of barley?
And you can tell the sun in his jealous sky
when we walked in fields of gold

I never made promises lightly,
and there have been some that I’ve broken,
but I swear in the days still left
we’ll walk in fields of gold.
We’ll walk in fields of gold

Many years have passed since those summer days
among the fields of barley
See the children run as the sun goes down,
as you lie in fields of gold

You’ll remember me when the west wind moves
among the fields of barley
You can tell the sun in his jealous sky
when we walked in fields of gold

When we walked in fields of gold
When we walked in fields of gold 

(lyrics arrangement based on Eva Cassidy’s version)

With love,
Endah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*